Tingkatkan Interoperabilitas, Unsur TNI AL dan TNI AU Laksanakan Latihan Bersama di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I

    Tingkatkan Interoperabilitas, Unsur TNI AL dan TNI AU Laksanakan Latihan Bersama di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I

    ALKI - Tingkatkan interoperabilitas, unsur TNI AL dan TNI AU laksanakan latihan bersama di sela-sela tugas operasi pada tanggal 16 Februari 2024 bertempat di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

    Dalam latihan ini, KRI John Lie-358, unsur operasi BKO Danguspurla Koarmada I yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Kurniawan Koes Atmadja, S.E., memimpin pelaksanaan latihan Air Joining Procedure (AJP) bersama 2 pesawat Hawk 109/209 milik Skadron Udara I Wing Udara 7 Lanud Supadio yang dikomandani oleh Letkol Pnb M. Sayifudin, M.M.S. Dalam latihan AJP ini, pesawat Hawk TNI AU melaksanakan prosedur pengenalan yang berhasil diidentifikasi oleh radar udara AWS-9 KRI John Lie-358 sebelum akhirnya melaksanakan prosedur penggabungan.

    Setelahnya, 2 pesawat Hawk melaksanakan simulasi penyerangan udara ke permukaan terhadap KRI John Lie-358 yang melaksanakan aksi self-defense dengan menggunakan meriam Oto Melara 76 mm, Oerlikon 30 mm, dan Mitraliur 12, 7 mm. Dua pesawat Hawk TNI AU yang dipiloti oleh Mayor Pnb Binggi Nobel, M.S.S., Lettu Pnb Adnan Dodi Prakoso, S.T. Han., dan Lettu Pnb Wisnu Sasmita, S.T. Han. tersebut melaksanakan taktik ofensif terhadap kapal perang di laut bebas sekaligus melatih manuver penghindaran dari serangan balasan unsur kapal permukaan.

    Latihan ini merupakan pelaksanaan perintah Pangkoarmada I untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kemampuan unsur gelar operasi TNI yang responsif dan integratif dalam melaksanakan operasi pengamanan ALKI I dengan alutsista TNI yang modern dan adaptif dalam merespons segala ancaman yang mungkin terjadi baik di masa damai maupun di masa perang. (Hendi)

    Suhendi

    Suhendi

    Artikel Sebelumnya

    Refleksi Etika Penguji dalam Ujian Akhir...

    Artikel Berikutnya

    Salah Kaprah Jurusan Akuntansi Merespon...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pendampingan Pertanian Koramil 0824/10 Mumbulsari Dukung Percepatan Tanam Dengan Pompanisasi
    Itdam IV/Diponegoro Tinjau Sasaran TMMD Reguler ke 120 Kodim 0707/Wonosobo
    Pelda Nuryadin Giat Karya Bakti Pengaspalan Jalan Desa di Kp Padaherang Waluran
    Dandim 0707/Wonosobo Terima Tim Wasev Itdam Tinjau Pelaksanaan TMMD Reguler
    Babinsa Koramil 0824/11 Sumbersari Bersama Warga Kerja Bakti Bangun Pos Bantuan Berbasis Masyarakat

    Ikuti Kami